Kamis, 26 September 2013

Tips Merawat Laptop Notebook atau Netbook


Laptop atau komputer jinjing adalah komputer yang bisa kita bawa kemanapun kita pergi. Tidak seperti komputer desktop yang hanya bisa kita gunakan di rumah dan di ruangan tertentu yang sangat tidak efisien di jaman yang serba mobile ini. Selain karena ringan dan mudah dibawa kemana saja, laptop juga memiliki kemampuan yang sama seperti komputer desktop bahkan lebih. Laptop sendiri dibagi menjadi dua yaitu Notebook dan Netbook, diantara keduanya memiliki perbedaan, dari luar atau hardwarenya Notebook biasanya lebih bagus dibandingkan Netbook, jika Notebook biasanya menggunakan layar 14" atau lebih, menggunakan ODD atau Optical Disk Drive dan untuk hardware seperti processor,RAM,Hardisk,dll semuanya tinggi dan kapasitasnya besar, sedangkan Netbook biasanya menggunakan 10", tanpa ODD, serta hardwarenya lebih rendah dibandingkan Notebook. Saat anda bingung ingin membeli Notebook atau Netbook kembali lagi kita harus melihat kebutuhan dan uang yang kita miliki. Jika anda menggunakan laptop dengan tujuan untuk misal design, game, dll yang menuntut menggunakan hardware yang tinggi dan anda mempunyai uang yang cukup maka anda bisa memilih Notebook.Tapi kalo anda menggunakan laptop hanya untuk browsing, Chatting, kerja dengan office yang sekiranya ringan atau tidak terlalu membutuhkan hardware yang tinggi, saya sarankan anda membeli Netbook. Selain lebih praktis juga harganya lebih murah dibandingkan Notebook.

Jika anda sudah memiliki Notebook atau Netbook pasti ingin laptop anda selalu terawat, sehingga apabila digunakan tidak terjadi masalah apapun pada Notebook atau Netbook anda yang akan mengganggu kerja anda. Anda pasti tidak ingin ketika anda bekerja, tiba-tiba Notebook atau Netbook anda lambat, hank, ada virus yang dapat merusak sistem bahkan menghilangkan data anda kan.Maka dari itu saya akan membagi sedikit tips merawat Notebook atau Netbook yang mudah dan bisa anda lakukan sendiri.

Berikut ini ada dua macam perawatan Notebook dan Netbook yaitu perawatan hardware dan software

Perawatan Hardware :


  1. Bersihkan laptop anda secara berkala misal seminggu sekali atau tiga hari sekali tergantung kondisi laptop anda. Jika Notebook atau Netbook anda masih dalam masa garansi sebaiknya yang anda lakukan hanya membersihkan bagian Notebook atau Netbook anda yang terlihat saja.Karena dikawatirkan jika anda sampai membongkar laptop anda hanya untuk membersihkan komponen yang ada di dalam laptop anda sampai merusak segel atau apapun itu, bisa menghanguskan masa garansi yang berlaku pada Notebook atau Netbook anda.Tapi jika laptop anda sudah tidak garansi, silahkan bersihkan laptop anda sampai komponen yang ada di dalam laptop.
  2. Lakukan pengecekkan pada hardware laptop anda apakah masih berjalan normal atau tidak.Lakukan pengecekkan misalnya pada Battrei,ODD,USB port,wifi,Lan,webcam,dll. Apabila ada yang tidak beres pada hardware anda segera bawa ke toko anda membeli laptop selama masih garansi.
  3. Menggunakan laptop dengan benar misalnya tidak menggunakan laptop di atas tempat tidur, bantal atau apapun itu yang dapat menghambat sirkulasi udara laptop anda yang dapat menyebabkan laptop panas dan overhead.
  4. Jangan menggunakan laptop over misalnya menyala dari pagi sampai malam nonstop tanpa berhenti, berilah jeda pada laptop anda untuk istirahat.Laptop juga butuh istirahat.
Perawatan Software :

  1. Lakukan scanning virus pada laptop anda dengan antivirus secara berkala, jangan lupa selalu update antivirus anda. Karena percuma jika anda menggunakan antivirus tapi antivirus anda tidak pernah diupdate.
  2. Bersihkan laptop anda dengan software cleaner misalnya CCleaaner.Software ini berfungsi untuk menghapus file,history,registry yang tidak perlu, yang bisa membuat kapasitas hardisk anda penuh.
  3. Defrag hardisk anda dengan menggunakan software misalnya defragler, smart defrag,dll.Supaya fragmentasi yang ada pada hardisk anda bisa hilang, dan efeknya bisa mempercepat kinerja laptop anda.
  4. Uninstall atau hapus program-program yang tidak perlu atau tidak anda gunakan.

Mungkin itu sedikit tips merawat laptop yang bisa saya share, mudah-mudahan bermanfaat bagi anda yang mempunyai laptop ingin awet dan tahan lama. Apabila masih ada yang kurang, jangan lupa dishare ke saya terima kasih selamat mencoba.

0 komentar:

Posting Komentar